Berita  

Warga Indonesia Kecanduan, Menghabiskan 64,8 Miliar Jam di Aplikasi Tertentu

Masyarakat Indonesia sudah tidak bisa lepas dari media sosial. Hal ini terlihat dari laporan terbaru ‘Media State of Mobile 2024’ yang dirilis Data.AI.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa warga Indonesia paling banyak menghabiskan waktu menggunakan aplikasi YouTube. Selama 2023, total waktu yang dihabiskan mencapai 69,9 miliar jam, meningkat 3% dibanding tahun sebelumnya.

Peringkat kedua diisi oleh TikTok, dengan total waktu yang dihabiskan mencapai 64,8 miliar jam, mengalami kenaikan sebesar 33% dibanding tahun sebelumnya.

Di peringkat ketiga, warga Indonesia paling banyak menghabiskan waktu di WhatsApp, dengan total durasi mencapai 59,1 miliar jam, meskipun mengalami penurunan sebesar 8% dibanding tahun sebelumnya.

Aplikasi lain yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sepanjang 2023 antara lain Instagram, Chrome, Facebook, Samsung TouchWiz Home, Shopee, Fizzo, MX Player, dan X.

Sementara itu, layanan-layanan Meta masih mendominasi sebagai ‘raja’ aplikasi di Indonesia. Laporan Data.AI juga membagi aplikasi dengan pengguna aktif bulanan (MAU) terbesar berdasarkan kelompok usia dan gender.

Top 5 Aplikasi untuk Usia 18-24 Tahun:
1. WhatsApp
2. Instagram
3. Shopee
4. TikTok
5. Telegram

Top 5 Aplikasi untuk Usia 25 Tahun ke Atas:
1. Facebook
2. MyTelkomsel
3. Gojek
4. Tokopedia
5. Lazada

Top 5 Aplikasi Digunakan Perempuan:
1. WhatsApp
2. Instagram
3. Shopee
4. TikTok
5. Telegram

Top 5 Aplikasi Digunakan Pria:
1. Facebook
2. MyTelkomsel
3. Gojek
4. Tokopedia
5. X (dulu Twitter)