Berita  

Cara Menghasilkan Uang dari TikTok dengan Modal Rebahan

Popularitas TikTok membuka banyak peluang bagi para penggunanya, salah satunya untuk mendapatkan penghasilan tambahan.
Terdapat beberapa cara untuk mendapatkan uang dari TikTok, contohnya memanfaatkan fitur TikTok Shop untuk menjual berbagai barang dan jasa yang ditawarkan. TikTok baru-baru ini juga mulai bereksperimen dengan sistem monetisasi konten lewat dana iklan kepada beberapa influencer.
Selain pembagian pendapatan iklan, TikTok memiliki beberapa alat monetisasi bawaan seperti “hadiah” virtual, serta dana Program Kreativitas yang memberikan penghargaan kepada pembuat konten dengan durasi lebih panjang. Mereka juga meluncurkan dana US$6 juta untuk pembuat efek augmented reality pada pertengahan tahun 2023.
Program Pulse
TikTok mulai membagikan sebagian pendapatan iklan dengan pembuat konten melalui program iklan kontekstual yang disebut Pulse. Pada bulan Mei 2022, perusahaan mengumumkan bahwa merek dapat membeli iklan bersama dengan konten “4% teratas” dalam berbagai kategori seperti memasak, kecantikan, dan mode.
Dikatakan bahwa mereka akan membagi 50% pendapatannya dengan pembuat konten yang videonya muncul sebelum iklan in-feed. Hanya konten kreator dengan minimal 100 ribu pengikut yang memenuhi syarat untuk program ini. Namun, menurut Business Insider, para konten kreator melaporkan pada tahun 2022 pembayaran awal dari TikTok Pulse mengecewakan.
Delapan influencer yang membagikan pembayaran bulanan, jumlah penayangan, dan pendapatan mereka untuk setiap 1.000 penayangan video (RPM) dari Pulse memperoleh hanya beberapa sen dan US$17 dalam dua kali bayaran bulanan pertama mereka. Influencer yang melaporkan memiliki ratusan ribu hingga beberapa juta pengikut yang kontennya seputar game, sementara yang lain membuat video gaya hidup. Dana Bagi Kreator Khusus
Pada tahun 2023, perusahaan asal China ini memperkenalkan dua program dana lainnya yang dirancang untuk mendorong kreator konten tertentu. Yang pertama, Program Kreativitas yang dimaksudkan untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten yang memposting video berdurasi lebih dari satu menit. Program ini dibatasi untuk pengguna yang memiliki setidaknya 10.000 pengikut dan telah mencapai 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir.
Berbeda dengan Creator Fund atau Pulse yang tidak lagi aktif, para peserta awal Program Kreativitas telah memperoleh bayaran besar sejak peluncurannya, dan beberapa di antaranya memperoleh penghasilan sebesar lima digit dalam satu bulan. “Uang yang kami peroleh telah mengubah hidup, dan kami berharap hal ini terus berlanjut,” kata kreator konten gaya hidup Hunter Cordle. Program Hadiah Pembuat Efek TikTok atau TikTok’s Effect Creator Rewards, yang diumumkan pada bulan Mei, menawarkan pembayaran kepada pembuat realitas tertambah atau Augmented Reality (AR) untuk efek yang muncul di setidaknya 500.000 video.
Saat diluncurkan, dana US$6 juta hanya tersedia bagi pengguna yang berusia minimal 18 tahun dan berbasis di AS, Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, dan Jerman. Perusahaan kemudian memperluas program ini pada bulan Oktober agar tersedia di lebih banyak wilayah dan kreator konten yang lebih luas dengan menurunkan batas pembayaran terhadap efek yang muncul di setidaknya 200.000 video. Program Afiliasi TikTok Shop
Sebagai bagian dari platform e-niaganya, Shop, TikTok menawarkan program afiliasi di mana pembuat konten dapat memperoleh komisi atas penjualan yang mereka bantu dorong dengan menandai produk di video atau saat live. Influencer juga dapat mengemas produk dari berbagai penjual ke dalam katalog khusus di profil mereka untuk dijelajahi oleh pengikut.
Kreator yang tergabung dalam program ini mengatakan bahwa komisi TikTok Shop telah memberikan kontribusi yang berarti terhadap pendapatan mereka. Jeneen Sahtout, yang memposting video kecantikan dan belanja kepada sekitar 751.000 followers di TikTok, memperoleh komisi sekitar US$6.000 pada April 2023 setelah menghasilkan penjualan produk US$40.000, menurut manajer bakatnya Shawn Jacobson. Fitur Monetisasi TikTok
Beberapa TikToker juga menghasilkan uang dengan menerima “hadiah” virtual selama live yang dapat diubah menjadi uang tunai. Pembuat konten ASMR, Lucy Davis, mengatakan bahwa dia memperoleh antara US$20 dan US$300 setiap kali dia melakukan siaran langsung.
Jakey Boehm, seorang pencipta Australia yang melakukan streaming langsung di TikTok saat dia tidur saja dapat memperoleh US$34.000 dari TikTok Live dalam satu bulan. Banyak influencer yang akhirnya beralih ke kesepakatan dengan merek untuk mendapatkan uang dari konten TikTok mereka. Tarif untuk postingan bersponsor dapat bervariasi tergantung pada jumlah pengikut pembuat konten. Colin Rocker, seorang TikToker yang memposting video layanan soal karier, mengatakan pada tahun 2023 bahwa dia mengenakan biaya antara US$400 dan US$600 per postingan bersponsor.
Influencer TikTok lainnya mendapatkan uang dengan membuat konten untuk digunakan perusahaan di akun TikTok milik sebuah merek. Menghasilkan Uang dari Lagu
Cara lainnya untuk mendapatkan uang sebagai TikToker adalah dengan mempromosikan lagu dalam video. Pemasar musik dan label rekaman membayar pengguna TikTok untuk memposting di aplikasi dalam upaya membuat lagu baru menjadi viral.
Trio pembuat TikTok Nicole, Natalie, dan Nika Taylor, yang memiliki sekitar 12,8 juta pengikut di aplikasi tersebut, mengatakan pada tahun 2021 bahwa mereka mengenakan biaya US$750 untuk mempromosikan sebuah lagu dalam satu video, US$1.400 untuk dua video dan US$2.000 untuk tiga video.
[Gambas:Video CNBC]

Exit mobile version