Berita  

Karyawan Instagram Kebingungan Setelah Liburan Tahun Baru, Kantor Penuh dengan Pekerjaan yang Hilang

Karyawan Instagram bingung karena tiba-tiba kehilangan pekerjaan saat hari pertama masuk kantor pada 2024. Penghapusan posisi mereka adalah bagian dari restrukturisasi besar-besaran di Meta dan seluruh anak usahanya.

Sekitar 60 orang pegawai Instagram yang berposisi manajer teknis kaget. Mereka diberi tahu bahwa posisi mereka di perusahaan sudah tidak ada per tahun baru 2024.

Menurut Business Insider, penghapusan posisi ini terjadi mendadak dan berdampak ke posisi manajer program teknis (TPM) di seluruh divisi Instagram. Para pegawai juga “curhat” ke aplikasi berbagi pengalaman kerja yang diberi nama Blind.

Setelah posisi TPM dihapus di Instagram, para karyawan yang sebelumnya mengisi posisi tersebut diberikan kesempatan untuk mengajukan diri sebagai manajer produk. Jika mereka tidak diterima di posisi baru tersebut, mereka terkena PHK pada Maret.

Juru bicara Meta tidak bersedia untuk berkomentar tentang penghapusan posisi TPM di Instagram.

Eks karyawan Instagram mengunggah tulisan di LinkedIn juga mengungkapkan hal serupa. Ia menyatakan bahwa “ada perubahan di posisi TPM” dan para karyawan terkait didorong untuk “wawancara ulang untuk mengisi posisi PM.”

TPM adalah posisi yang ditempatkan di antara pekerja teknis seperti insinyur perangkat lunak (software engineer) dan manajer produk.

CEO Meta Mark Zuckerberg tahun lalu mengumumkan rencana perusahaan untuk mendorong efisiensi dengan menghapus beberapa lapisan dalam struktur manajemen. Dampaknya ribuan orang pegawai Meta terkena PHK dan jabatan di struktur manajerial berkurang drastis.

Selain Instagram, Meta juga merupakan perusahaan induk dari perusahaan media sosial WhatsApp dan Facebook.

Seiring gelombang PHK tahun lalu, Meta juga menghapus berbagai posisi manajer. Karyawan yang sebelumnya berposisi sebagai manajer dipaksa beralih menempati posisi lain di luar manajemen.

Exit mobile version