Berita  

Harta Karun Muncul di Halaman Belakang Rumah Warga dan Menimbulkan Kegaduhan

Seorang penulis cerita rakyat, Billy Mag Fhloinn, terkejut menemukan harta karun yang sempat hilang selama ribuan tahun. Sebab lokasinya tak jauh dari rumahnya di An Buailtin, Irlandia. Temuan tersebut adalah batu besar yang merupakan altar matahari atau Altoir na Greine. Bangunan berusia 4.000 tahun sempat digambarkan dalam buku perjalanan Lady Georgina Chatterton berjudul Rambles in South of Ireland tahun 1838. Namun pada 1852, ahli barang antik mencatat bangunan tersebut telah dibongkar. Baru 170 tahun kemudian, Mag Fhloinn mengetahui lokasinya.
“Saya tertarik dengan makam khusus ini, karena letaknya hanya setengah mil dari rumah saya namun juga karena misteri di sekitarnya,” kata Mag Fhloinn dikutip dari Business Insider, Selasa (30/1/2024).
Bangunan itu, dia menjelaskan mungkin menyimpan sisa-sisa orang Zaman Perunggu. Termasuk kemungkinan menggunakannya untuk upacara dan ritual. “Isinya adalah sisa-sisa kremasi beberapa orang yang berbeda, bercampur dalam satu ruangan,” jelasnya. Insider menuliskan makam batu Zaman Perunggu memang tersebar luas di Irlandia. Jumlahnya cukup banyak dan beberapa di antaranya sudah pernah digali. Sebelumnya para peneliti menemukan pecahan tembikar, sisa api, dan bukti lainnya. Ini mengarah pada kemungkinan orang zaman dulu menggunakannya untuk ritual dalam makam serupa. Mag Fhloinn berhasil menemukannya dengan menggunakan sebuah foto yang diubah menjadi bentuk 3D. Setelah jadi, model tersebut ternyata memiliki beberapa kecocokan dengan gambar tahun 1838. Dia dan temannya Seán Mac an tSíthigh pergi ke lokasi dan menemukan dua batu yang cocok. “Dua batu itu bukti yang sangat kuat,” ungkap dia.

Exit mobile version