Berita  

Manusia dengan Kondisi Otak yang Ditanam Chip oleh Elon Musk

Manusia dengan Kondisi Otak yang Ditanam Chip oleh Elon Musk

Neuralink berhasil menanamkan chip ke otak manusia untuk pertama kalinya. Pemilik perusahaan, Elon Musk, mengkonfirmasi bahwa operasi pasien itu berjalan lancar dan tengah dalam proses penyembuhan.

“Musk melalui akun X personalnya mengatakan, ‘Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan,'” dikutip dari Reuters, Rabu (31/1/2024).

Meski operasi penanaman chip itu diklaim lancar, masih harus dilakukan pemantauan lebih lanjut terkait keamanannya bagi manusia. Menurut Institusi Kesehatan Nasional, lonjakan neutron adalah aktivitas sel yang menggunakan sinyal kimia dan elektris untuk mengirimkan informasi ke otak dan tubuh.

Penanaman chip Neuralink yang diberi nama proyek Telepathy ini merupakan yang pertama dilakukan oleh perusahaan dan mewujudkan impian besar Musk sejak beberapa tahun lalu. Chip ditanamkan ke otak manusia untuk menghindari kelumpuhan dan kondisi neurologis lainnya dengan bantuan robot.

Neuralink telah mendapatkan izin untuk melakukan implan chip ke otak manusia dari Lembaga Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat (FDA) sejak tahun lalu. Chip yang ditanam di otak manusia, bernama brain-computer interface (BCI), akan membuat otak manusia menjadi pengontrol gerakan.

Tujuan lain proyek Neuralink adalah agar manusia dapat mengontrol kursor dan keyboard hanya dengan menggunakan pikiran mereka.