Berita  

Dua Merek HP Laris, Banyak Orang Membelinya

Penjualan smartphone global mengalami peningkatan 6,5% secara tahun-ke-tahun (yoy) pada kuartal kedua 2024. Data dari firma riset IDC menunjukkan bahwa Samsung dan Apple menjadi pendorong utama dari peningkatan minat beli smartphone. Meskipun demikian, pemulihan pasar smartphone secara keseluruhan masih menantang di beberapa negara.

IDC mencatat bahwa penjualan smartphone global telah mengalami pertumbuhan selama empat kuartal berturut-turut, salah satunya karena adopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) oleh para produsen. Direktur peneliti tim IDC Worldwide Tracker, Nabila Popal, menyatakan bahwa antusiasme masyarakat terhadap smartphone sedang tinggi. Penggunaan AI dan peningkatan harga jual diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri smartphone hingga 19% pada tahun ini.

Meskipun Apple dan Samsung terus menguasai pasar premium dengan mengikuti tren terbaru, produsen smartphone China meningkatkan penjualan di segmen low-end untuk menggenjot volume penjualan di tengah menurunnya permintaan. Sebagai akibatnya, permintaan untuk smartphone segmen menengah terus lesu.

Samsung berhasil menempati posisi teratas dengan pangsa pasar 18,9% pada kuartal kedua 2024, diikuti oleh Apple dengan pangsa pasar 15,8% dan Xiaomi 14,8%.

Sumber : [CNBC Indonesia](https://cnbcindonesia.com/tech/20240715121131-39-554653/amankan-data-transaksi-nasabah-ini-jurus-bank-lawan-serangan-siber)

Artikel ini disusun oleh fab/fab