Berita  

Baterai Juara: Lebih Ramping dari Merek Lain

Jakarta, CNBC Indonesia – Vivo telah resmi meluncurkan ponsel lipat pertamanya di Indonesia. Vivo X Fold 3 Pro dianggap sebagai ponsel lipat paling tipis dan ringan di antara perangkat lipat lainnya.

Keunggulan ini menjadi fokus utama yang dibahas oleh pihak Vivo saat peluncuran di Indonesia bulan lalu. Meskipun memiliki bodi yang ramping, Vivo X Fold 3 Pro tetap dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar yaitu 5.700 mAh.

“Hadie menyatakan, “Kami menciptakan ponsel lipat dengan ukuran yang tipis dan ringan, serta kapasitas baterai yang besar,” dalam peluncuran X Fold 3 Pro dan X 100 Series pada Rabu (12/6) lalu.

CNBC Indonesia berkesempatan untuk mencoba Vivo X Fold 3 Pro selama sebulan penuh. Berikut adalah pengalaman kami!

Lebih Tipis dan Ringan dari Oppo Find N3 dan Samsung Galaxy Fold 6

Vivo X Fold 3 Pro memiliki ketebalan 5,2 mm saat dibentangkan dan 11,2 mm saat dilipat dengan berat 236 gram. Ukurannya juga lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan ponsel lipat lainnya seperti Oppo Find N3 dan Samsung Galaxy Z Fold 6 yang memiliki berat 239 gram.

Selain itu, dari segi ketebalan saat dibuka, Find N3 memiliki ketebalan 5,8 mm dan Galaxy Z Fold 6 memiliki ketebalan 5,6 mm.

Vivo X Fold 3 Pro cukup nyaman digenggam dan tidak membuat pegal saat digunakan dalam jangka waktu lama. Ukurannya yang kompak juga tidak terlalu mengganggu saat ditaruh di dalam saku celana. Ponsel terasa ringan, hampir mirip dengan ponsel non-lipat.

Namun, tonjolan kamera belakang yang berbentuk lingkaran agak mengganggu. Terutama saat ponsel diletakkan di atas meja, membuat bodi ponsel tidak rata dan terasa seperti ada yang mengganjal.

Layar Lipat Fleksibel

Layar luar ponsel ini memiliki ukuran 6,53 inci. Layar depan ini cocok digunakan untuk mengetik seperti catatan atau bertukar pesan di WhatsApp atau Telegram.

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih luas, pengguna dapat menggunakan layar dalam berukuran 8,03 inci. Layar ini juga cocok untuk menonton video atau bermain game.

Khusus untuk bermain game, layar bagian dalam akan digunakan secara penuh. Sehingga tampilan akan lebih luas saat bermain game dibandingkan dengan menggunakan layar luar.

Saat menonton video, tidak ada perubahan yang signifikan. Video tidak akan mengisi seluruh layar meskipun telah dipindahkan ke layar dalam.

Untuk mengetik dengan menggunakan dua jari pada layar depan masih cukup nyaman. Sedangkan pada layar dalam, keyboard dapat diubah antara pembagian menjadi dua sisi kanan dan kiri, atau keyboard yang menyatu sepenuhnya. Hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Vivo X Fold 3 Pro juga mendukung beberapa model penggunaan layar lipat, seperti 45 derajat untuk mode tenda, 60 hingga 120 derajat.

Bagian luar layar dapat digunakan saat dalam mode lipat. Sedangkan saat menggunakan layar bagian dalam, salah satu layar akan berfungsi seperti panel kontrol.

Penampakan layar lipat di bagian dalam juga tidak terlalu mencolok. Hingga pengalaman pengguna menggunakan layar terasa seperti satu layar penuh tanpa lipatan.

Ponsel juga dapat membagi layar menjadi dua bagian. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi dan melipat sedikit ponsel, lalu memilih aplikasi lainnya.

Baterai Jumbo

Vivo X Fold 3 membawa baterai berkapasitas 5.700 mAh. Kapasitas ini lebih besar daripada ponsel lipat lainnya yang sebagian besar masih di bawah 5.000 mAh.

Baterai tersebut mampu bertahan seharian saat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti bermain game, menonton video, mendengarkan musik, dan bertukar pesan.

Ponsel tidak terlalu panas meskipun digunakan seharian. Suhu ponsel sedikit meningkat saat digunakan untuk berbagi hotspot atau menonton video selama lebih dari dua jam, namun tidak membuat kinerja Vivo X Fold 3 Pro menjadi lambat atau terasa lag.

Ketika digunakan untuk bermain game Mobile Legends, baterai ponsel mengalami penurunan 33 persen dari 61 persen menjadi 28 persen setelah dua jam penggunaan tanpa henti. Namun, dalam kondisi tersebut, ponsel tidak menjadi panas.

Vivo juga menyediakan pengisian daya cepat 100 watt. Charger juga sudah disertakan dalam paket penjualan X Fold 3 Pro.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, pengisian baterai dari kosong hingga penuh hanya membutuhkan sekitar 40 menit. Sementara pengisian dari 1 persen hingga 45 persen hanya memakan waktu 16 menit.