Berita  

Pengguna iPhone Diminta Bersabar, Apple Menunda Peluncuran Fitur AI

Apple menunda perilisan fitur kecerdasan buatan (AI) di perangkat mereka. Fitur yang diberi nama Apple Intelligence itu sepertinya tidak akan rilis bersamaan dengan pembaruan software iOS pada iPhone dan iPad mendatang, sesuai ekspektasi awal.

Pembuat iPhone asal Cupertino, AS, berencana untuk mulai meluncurkan Apple Intelligence kepada pelanggan sebagai bagian dari pembaruan software pada bulan Oktober. Menurut laporan Bloomberg, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut, fitur AI akan hadir beberapa minggu setelah rilis awal iOS 18 dan iPadOS 18 yang direncanakan pada bulan September nanti.

Apple berencana menyediakan Apple Intelligence bagi pengembang software untuk pertama kalinya agar bisa melakukan pengujian awal secepatnya minggu ini melalui iOS 18.1 dan iPadOS 18.1 beta, demikian dikutip dari Reuters, Senin (29/7/2024).

Pada Juni, Apple mendorong pembuatan AI dengan serangkaian fitur baru dan peningkatan software untuk iPhone dan perangkat lainnya demi meningkatkan penjualan yang menurun.

Apple Intelligence yang menggunakan AI disebut dapat menyulap teks, gambar, dan konten lain sesuai perintah, akan tersedia di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac dengan chip M1 dan versi yang lebih baru. Sementara iPhone Mirroring di MacOS Sequoia memungkinkan layar ponsel dilihat dan berinteraksi dengan komputer Mac.

Laporan tersebut muncul setelah Apple pada akhir Juni menunda peluncuran tiga fitur kecerdasan buatan baru karena peraturan teknologi Uni Eropa yang mengharuskannya untuk memastikan produk dan layanan pesaing dapat berfungsi dengan perangkatnya.