Berita  

Aplikasi Android yang Membobol Rekening: Hati-Hati dan Hindari!

Jakarta, CNBC Indonesia – Ada banyak aplikasi di ponsel pintar yang ditemukan berbahaya bagi penggunanya. Salah satunya adalah kemampuan mengakses informasi keuangan pemilik ponsel.

Temuan ini ditemukan oleh tim peneliti siber dari ESET. Menurut mereka, tiga aplikasi HP Android dapat mengirimkan malware langsung ke HP korban. Ketiganya adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom. Malware yang dikirimkan menggunakan alat pengembang aplikasi asli dan digunakan untuk menyimpan informasi sensitif serta menyulitkan alat keamanan dalam melakukan pekerjaannya.

“Aplikasi yang mengandung XploitSPY dapat mengekstrak daftar dan file kontak, lokasi GPS perangkat, dan nama file pada direktori tertentu terkait kamera, download, dan berbagai aplikasi pesan seperti Telegram dan WhatsApp,” kata tim peneliti ESET seperti dilansir dari Yahoo News pada Minggu (25/8/2024).

Malware juga menggunakan library asli. Biasanya, pengembang aplikasi Android akan menggunakannya untuk meningkatkan kinerja dan akses fitur sistem. Namun, bagi para penjahat siber, library ini akan menyimpan informasi sensitif seperti alamat dari server C&C, sehingga membuat alat keamanan sulit menganalisis aplikasi.

Selain mengakses informasi keuangan, malware juga mengakses data lain di HP, termasuk daftar kontak hingga GPS perangkat.

Mayoritas korban malware ini dilaporkan berada di India dan Pakistan. Bagi pengguna yang masih menyimpan ketiga aplikasi tersebut, diimbau untuk segera menghapusnya dari HP.

Lalu, bagaimana cara menghapusnya? Pertama, pengguna harus masuk ke aplikasi Google Play Store. Lanjutkan dengan mengklik ikon Profil dan ketuk Manage Apps and Devices. Selanjutnya, cari nama aplikasi yang ingin dihapus, dan terakhir klik tombol Uninstall.

Exit mobile version