Berita  

Cara Mengatasi Koneksi WiFi Terhubung Tetapi Tidak Bisa Akses Internet

Cara Mengatasi Koneksi WiFi Terhubung Tetapi Tidak Bisa Akses Internet

Jakarta, CNBC Indonesia – Banyak masalah yang mungkin dihadapi oleh pengguna Wifi. Salah satunya adalah ketika jaringan tiba-tiba menghilang.

Meskipun perangkat yang terhubung menunjukkan bahwa Wifi sudah terhubung. Hal ini sering terjadi pada HP, tablet, laptop, dan bahkan smart TV.

Penyebabnya bermacam-macam, entah itu dari perangkat itu sendiri atau dari sistem jaringan. Ada beberapa cara untuk mengatasinya. Berikut adalah rangkumannya:

1. Restart Perangkat dan Modem
Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan me-restart perangkat. Jika masih tidak terhubung, lakukan hal yang sama pada perangkat modem.

2. Sambungkan Perangkat Lain
Cobalah untuk menghubungkan jaringan Wifi pada perangkat lain. Hal ini untuk memastikan apakah terdapat kesalahan pada perangkat yang pertama kali terhubung.

3. Mode Airplane
Mode airplane akan menyegarkan koneksi pada perangkat layaknya restart. Aktifkan mode airplane, tunggu beberapa detik, lalu matikan kembali.

4. Sambungkan Kembali Wifi
Jaringan Wifi biasanya akan terhubung secara otomatis pada perangkat yang sering digunakan. Namun, jika tidak terhubung, matikan sambungan terlebih dahulu dengan menekan disconnect, lalu kembali sambungkan lagi.

5. Hubungi Penyedia Layanan Internet
Jika semua langkah di atas sudah dilakukan tetapi masalah masih terjadi, sebaiknya hubungi penyedia layanan internet. Informasikan masalah yang terjadi dan biasanya mereka akan memberikan solusi untuk keluhan tersebut.

(fab/fab)