Berita  

6 Fitur WhatsApp yang Perlu Diketahui Agar Terhindar dari Pencurian atau Pencurian Data.

6 Fitur WhatsApp yang Perlu Diketahui Agar Terhindar dari Pencurian atau Pencurian Data.

WhatsApp menawarkan enkripsi end-to-end, namun penting bagi pengguna untuk memperketat pengaturan privasi dan keamanan agar akun tetap aman. Aplikasi pesan instan populer ini menyediakan beragam fitur privasi yang harus diaktifkan secara manual oleh pengguna. Dengan mengaktifkan beberapa fitur, pengguna dapat melindungi percakapan dan informasi pribadi dari ancaman kejahatan digital.

Berikut ini fitur privasi dan keamanan yang ada di WhatsApp.

1. Verifikasi dua langkah
Pengguna bisa mengatur password atau PIN saat masuk ke akun WhatsApp. Caranya adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas, masuk ke menu Settings, tekan Pengaturan Akun, klik Two-step Verification (verifikasi dua langkah), lalu aktifkan fitur dengan PIN dan buat PIN sesuai keinginan. WhatsApp juga akan meminta alamat email terhubung dengan akun untuk mengganti PIN.

2. Perlindungan biometrik WhatsApp
Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melindungi aplikasi dengan sidik jari atau Face ID. Setelah diaktifkan dari menu Privacy, pengguna harus menggunakan sidik jari (untuk Android) atau Face ID (untuk iPhone) untuk membuka pesan.

3. Fitur privasi grup
Pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa mengundang ke dalam grup dengan opsi Semua Orang, Kontak Saya, dan Kontak Saya Kecuali. Pengaturan ini memungkinkan pengguna mengontrol siapa yang dapat menambahkan ke dalam grup.

4. Fitur Disappearing Messages
Fitur ini menghapus pesan di ruang chat secara otomatis setelah waktu tertentu, seperti 24 jam, 7 hari, atau 90 hari. Chat akan menghilang sesuai waktu yang dipilih, namun pesan yang sebelumnya terkirim tetap akan muncul.

5. Sembunyikan foto profil WhatsApp
Pengguna dapat menyembunyikan foto profil WhatsApp untuk alasan privasi. Caranya adalah dengan memilih opsi Foto Profil pada menu Privacy dan centang opsi “Nobody” untuk menyembunyikan foto profil dari pengguna lain.

6. Bisukan nomor tak dikenal
Pengguna dapat mengaktifkan fitur Silence Unknown Caller untuk mengurangi gangguan dari nomor tidak dikenal. Panggilan dari nomor tak dikenal akan tetap terlihat di daftar panggilan.

Dengan mengaktifkan dan memahami fitur-fitur keamanan dan privasi WhatsApp, pengguna bisa lebih aman dalam menggunakan aplikasi pesan instan ini.