Berita  

Mencegah Pecandu Narkoba Tewas Overdosis dengan Khasiat Baru Obat Kurus Ajaib

Mencegah Pecandu Narkoba Tewas Overdosis dengan Khasiat Baru Obat Kurus Ajaib

Jakarta, CNBC Indonesia – Manfaat obat pelangsing ajaib seperti Ozempic, Wegovy, dan Rybelsus semakin banyak terbukti. Yang terbaru, orang yang menggunakan obat berbasis semaglutide ditemukan memiliki risiko kematian akibat overdosis obat bius yang lebih rendah.

Dalam hasil penelitian yang diterbitkan di Journal of the American Medical Association Network Open, tim peneliti dari Case Western Reserve University School of Medicine menemukan hubungan terbalik antara tingkat kematian akibat overdosis dengan konsumsi semaglutide.

Penelitian itu menganalisis data 33.000 pasien antara tahun 2017 dan 2023 yang telah didiagnosis dengan diabetes tipe 2 dan memiliki OUD (kekacauan penggunaan opioid), yang merupakan obat dengan efek serupa dengan opium atau biasa disebut obat bius.

Dari sampel tersebut, sekitar 3.000 orang menggunakan semaglutide. Pasien lain menggunakan obat diabetes lain seperti metformin, insulin, dan obat penurun berat badan yang termasuk dalam kategori GLP-1.

Peneliti menemukan bahwa tingkat kematian akibat overdosis pada pasien yang menggunakan semaglutide 58 persen lebih rendah. Alasan mengapa tingkat kematian akibat overdosis opioid sangat rendah bagi orang yang mengonsumsi semaglutide belum dipastikan. Namun, para peneliti menduga bahwa efek semaglutide yang mengurangi nafsu makan penggunanya juga berdampak pada konsumsi rokok dan alkohol.

Detail hubungan antara kedua indikator tersebut masih belum jelas, termasuk apakah pasien yang menggunakan semaglutide dapat berhenti sepenuhnya dari kecanduan mereka terhadap obat bius.

Saat ini, obat untuk kecanduan terhadap obat bius atau OUD sudah tersedia di pasaran. Namun, Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyatakan hanya sekitar 25 persen pecandu yang menggunakan obat-obat tersebut berhasil berhenti setelah 6 bulan.

“Pertolongan obat tidak selalu berjalan sukses. Oleh karena itu, peran alternatif obat untuk membantu orang dengan OUD dan mencegah overdosis sangat penting,” kata Rong Xu, pemimpin tim peneliti.

Xu menyatakan bahwa penelitian timnya belum bisa menyimpulkan hubungan langsung antara semaglutide dan penurunan risiko overdosis opioid. Namun, penemuan mereka menyoroti pentingnya melanjutkan penelitian tentang potensi semaglutide sebagai terapi baru untuk kecanduan obat bius.