Berita  

Bukan Hanya Tembok China, Ini Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa

Bukan Hanya Tembok China, Ini Bangunan yang Terlihat dari Luar Angkasa

Pembangunan infrastruktur manusia telah menjadi hal yang sangat megah. Bahkan beberapa bangunan dapat terlihat dari luar angkasa.
Para astronom yang bertugas di luar angkasa melihat beberapa bangunan di Bumi tanpa bantuan alat sekalipun.
Luar angkasa merujuk pada garis Karman yang menandakan batas antara atmosfer Bumi dengan antariksa, berada 100 kilometer di atas permukaan Bumi.

“Garis Karman merupakan perkiraan wilayah yang menunjukkan ketinggian di mana satelit bisa mengorbit Bumi tanpa terbakar atau jatuh dari orbit sebelum mengelilingi Bumi setidaknya sekali,” jelas Katrina Bossert, fisikawan luar angkasa Arizona State University, dikutip dari Live Science.

Namun, Tembok China, salah satu bangunan terbesar di dunia tidak dapat dilihat dari luar angkasa. Mantan Komandan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Chris Hadfield mengakui bahwa Tembok Besar China terlalu sempit untuk terlihat dari luar angkasa. Bangunan itu juga mengikuti kontur serta warna alami dari geografi sekitarnya.

Berikut merupakan daftar bangunan yang dapat dilihat dengan mudah dari antariksa :
1. Palm Jumeirah Dubai
Palm Jumeirah adalah sebuah pulau buatan di Dubai yang bisa terlihat dari Garis Karman. Stasiun ISS yang berada di ketinggian 400 km di atas permukaan laut juga dapat melihatnya. Namun, astronaut di sana membutuhkan bantuan alat, menggunakan lensa 800 mm.

2. Piramida Giza
Piramida Giza memiliki dua pendapat soal penampakannya di luar angkasa. Astronaut asal Inggris, Tim Peake mengatakan bangunan tidak terlihat, namun struktur masifnya dapat terlihat dengan lensa 800mm. Sebaliknya, mantan astronaut NASA dan komandan ISIS bernama Leroy Chiao mengatakan piramida dapat terlihat dari orbit bahkan bisa dilihat jelas dengan mata telanjang.

3. Three Gorges Dam
Three Gorges Dam adalah bendungan raksasa di Sungai Yangtze China. Bangunan ini merupakan fasilitas penghasil listrik terbesar di dunia dan juga menjadi bendungan pembangkit listrik tenaga air termahal yang pernah dibangun.

4. Bingham Canyon Mine
Tambang ini juga dapat dilihat jelas dari luar angkasa. Terletak 32 km tenggara Salt Lake City. Tambang Bingham Canyon jelas terlihat dari Garis Karman tanpa alat bantu dan juga dapat dilihat dari pesawat ulang alik yang terbang 305-531 km di atas permukaan laut.

———–
Jakarta, CNBC Indonesia (fsd/fsd)