Berita  

Banyak Orang Indonesia Berebut Membeli Ponsel Baru, Ini yang Paling Laku

Banyak Orang Indonesia Berebut Membeli Ponsel Baru, Ini yang Paling Laku

Firma riset pasar, Counterpoint, baru saja merilis laporan terbaru tentang HP terlaris di Indonesia pada kuartal ketiga (Q3) 2023. Laporan tersebut mencatat bahwa terjadi peningkatan tahun ke tahun sebesar 2% pada segmen entry level atau di bawah Rp 3 juta.

Peningkatan ini didorong oleh kehadiran Redmi Note 12, Redmi 12, Redmi A2, dan Infinix Smart 7, Infinix Hot 30i, dan Infinix Note 30.

Sementara itu, pada segmen Rp 3-6 juta juga mengalami pertumbuhan sebesar 5% YoY. Samsung, Vivo, dan Oppo berada di posisi tiga teratas, dengan ketiganya menguasai 63% pangsa pasar segmen ini. “Pada segmen ini, Oppo mengalami pertumbuhan signifikan,” kata Analis Senior Counterpoint Febriman Abdillah.

Peningkatan pengiriman paling besar terjadi di rentang harga Rp 6-10 juta, dengan pertumbuhan hingga 15% dibandingkan tahun sebelumnya. Oppo dan Vivo menjadi dua merek yang mengalami perkembangan paling signifikan berkat ponsel Reno8 T 5G, Reno 10 5G, V27, dan V29 5G.

Namun, pasar premium di atas Rp 10 juta mengalami penurunan sebesar 4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Dalam laporan Counterpoint, pengiriman smartphone di Indonesia mengalami peningkatan 3% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022. Ada tiga faktor yang menjadi penyebab pertumbuhan pasar smartphone di Indonesia di Q3 2023.

Pertama, banyak peluncuran perangkat baru di segmen Rp 6 juta ke bawah, terutama di bawah Rp 3 juta, sepanjang Juli hingga September 2023. Jumlah perangkat baru yang diluncurkan di Indonesia pada Q3 tahun ini meningkat 10% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Kedua, pertumbuhan ekonomi yang stabil pada paruh kedua tahun 2023 juga berpengaruh pada peningkatan permintaan smartphone di tanah air.

Dan yang terakhir, adanya promosi harga yang diberikan oleh para produsen HP selama masa Lebaran dan liburan juga mempengaruhi peningkatan ini.