Berita  

Warga China Beruntung dengan Keputusan Huawei untuk Meninggalkan Android

Huawei Akan Hentikan Dukungan Aplikasi Android, Permintaan Pekerjaan Pengembang Melonjak di China

Jakarta, CNBC Indonesia – Huawei menghentikan sepenuhnya dukungan aplikasi Android pada perangkat HarmonyOS mulai tahun depan. Kabar ini membuat permintaan pekerjaan sebagai pengembang software aplikasi melonjak di China.

Publikasi teknologi China, ITHome, melihat adanya peningkatan dalam daftar permintaan lowongan kerja sebagai pengembang yang ahli dalam mengembangkan aplikasi seluler untuk perangkat HarmonyOS seperti Huawei Mate 60 Pro.

Tercatat sudah ada 3 perusahaan teknologi ternama, Baidu, WPS dan Flight Manager, yang mem-posting lowongan kerja pengembang aplikasi. Ketiga perusahaan mengharuskan pelamar memiliki pengalaman sebagai pengembang software dalam aplikasi seluler terkait HarmonyOS.

Mengutip Gizmochina, Senin (27/11/2023) raksasa mesin pencari China, Baidu, menjadi perusahaan yang paling menonjol dalam merekrut karyawan baru. Mereka bahkan meluncurkan daftar rekrutmen dengan posisi pekerjaan “Insinyur Penelitian dan Pengembangan Aplikasi HarmonyOS” di Departemen Penelitian dan Pengembangan Produk Mesin Pencari Baidu.

Peran tersebut akan bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan aplikasi Baidu yang merupakan bawaan HarmonyOS. Prioritas akan diberikan kepada pelamar kerja yang memiliki pengalaman kerja 1 tahun atau lebih dan familiar dengan bahasa pengembangan aplikasi HarmonyOS seperti ArkTS atau Java / Bahasa dan teknologi pengembangan seperti Android.

Selain Baidu, Kingsoft WPS juga merekrut manajer produk senior baru untuk layanan WPS Office yang memerlukan mahir dalam alat pengembangan sistem HarmonyOS.

Hal ini karena peran pekerjaan manajer produk senior yang baru diminta untuk bertanggung jawab menerapkan dan meningkatkan dukungan asli HarmonyOS ke dalam rangkaian WPS Office yang ada.