Berita  

Google Memiliki Kemampuan untuk Mengekspos Semua Kisah Hidup Anda Melalui HP

Proyek Google dilaporkan dapat membuat biografi seseorang hanya dengan menggunakan data di ponsel. Proyek ini bernama Ellman dan bertujuan sebagai ‘Pencerita Kisah Hidup Anda’. Laporan dari CNBC Internasional menyebutkan bahwa Ellman menggunakan model bahasa besar atau LLM seperti model AI terbarunya, yaitu Gemini. Proyek ini dapat melakukan pencarian, menemukan pola di foto, membuat chatbot, dan menjawab pertanyaan yang mustahil.

Penelusuran Ellman dimulai dari foto, tag, dan lokasi untuk dapat “menuliskan” kisah hidup penggunanya. Penggunaan LLM dapat mengenali beberapa tahapan kehidupan, seperti kelahiran hingga waktu kelulusan penggunanya. Chatbot yang digunakan akan berisi informasi seputar kehidupan penggunanya, seperti nama anjing peliharaan, nama dua anggota yang sering ditemui, atau kebiasaan makan pengguna. Selain itu, Ellman dapat menentukan minat penggunanya berdasarkan tangkapan layar yang disimpan pengguna serta informasi lainnya seperti situs atau aplikasi favorit.

Proyek Ellman di masa depan masih belum jelas, termasuk apakah akan memasukkan kemampuan tersebut dalam Google Photos atau produk lainnya. Laporan ini terungkap tak lama setelah Google meluncurkan Gemini.