Berita  

Pembocoran Samsung Galaxy S24 Bikin Pengguna iPhone 15 Menyesal

Pembocoran Samsung Galaxy S24 Bikin Pengguna iPhone 15 Menyesal

Bocorannya tentang Samsung Galaxy S24 Series semakin banyak beredar. Keluarga flagship ini dijadwalkan rilis pada Januari 2024 dalam sebuah acara peluncuran yang akan diadakan di San Jose, Amerika Serikat.

Informasi terbaru dari tipster @Tech_Reve mengungkapkan ketangguhan chipset Exynos 2400 yang akan disematkan pada Samsung Galaxy S24 reguler dan Plus di beberapa pasar. Sedangkan untuk varian Galaxy S24 Ultra, Samsung kemungkinan akan tetap menggunakan chip terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 3.

Menurut @Tech_Reve, “kemampuan Exynos 2400 akan melampaui performa Apple A17 Pro” yang digunakan pada iPhone 15 Pro dan Pro Max, varian paling premium dari seri iPhone 15.

Exynos 2400 merupakan chip internal Samsung yang dirancang bersama dengan AMD untuk pemrosesan grafis alias GPU. Chip ini akan dibuat dengan proses manufaktur 4nm, meski tidak sehebat A17 Pro yang sudah dibuat dengan arsitektur 3nm. Namun, chipset tersebut diharapkan akan memiliki peningkatan kinerja karena akumulasi keahlian pada pemrosesannya.

Exynos 2400 juga diklaim akan memberikan peningkatan pelepasan suhu yang signifikan, sehingga tidak perlu khawatir perangkat menjadi panas saat digunakan untuk aktivitas berat.

Samsung telah memamerkan Exynos 2400 pada ajang ‘Samsung System LSI Tech Day 2023’ yang digelar beberapa waktu lalu. Klaimnya, chip tersebut memiliki performa CPU yang meningkat 1,7 kali dari pendahulunya. Selain itu, performa AI-nya juga akan meningkat 14,7 kali dibandingkan Exynos 2200 yang sebelumnya dirilis.

Samsung akan menjagokan fitur AI pada seri flagship terbarunya. Bahkan, seri Galaxy S24 bukan lagi disebut sebagai ‘smartphone’, melainkan ‘AI Phone’. Salah satu fitur yang sudah banyak menjadi rumor adalah kemampuan penerjemahan secara langsung (real-time) dalam format teks dan suara. Namun, berbagai bocoran ini belum bisa dikonfirmasi 100% karena Samsung belum memberikan konfirmasi resmi.

Tunggu saja hingga peluncuran resminya pada Januari 2024 mendatang.