Berita  

Gibran Mendominasi Media Sosial, Netizen Berdiskusi Tentang Penawaran Susu Gratis dan IKN

Gibran Mendominasi Media Sosial, Netizen Berdiskusi Tentang Penawaran Susu Gratis dan IKN

Nama Gibran Rakabumin Raka mendominasi percakapan di internet tiga hari sebelum debat perdana calon wakil presiden (cawapres) yang diadakan hari ini, Jumat (22/12/2023). Hal ini berdasarkan analisis yang dirilis oleh Drone Emprit.

“Dari ketiga cawapres, cawapres 02 Gibran selalu berada di atas dalam tren percakapan. Lalu diikuti oleh Muhaimin Iskandar dan terakhir Mahfud MD,” kata pendiri Drone Emprit, Ismail Fahmi.

Gibran memiliki total 114.405 percakapan, dengan 9.694 di media online dan 104.711 di Twitter. Muhaimin Iskandar memiliki total 50.705 percakapan, dengan 4.337 di media online Indonesia dan 46.368 di Twitter. Mahfud MD memiliki total 31.768 percakapan, dengan 3.521 di media online dan 28.247 di Twitter.

Topik yang paling banyak dibahas tentang Gibran berkaitan dengan ‘Ekonomi’ dan ‘Perkotaan’. Dua isu tersebut sesuai dengan tema debat kali ini, yakni ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Lebih spesifik untuk isu ekonomi, netizen RI paling banyak membahas visi-misi Gibran tentang makan siang dan susu gratis, serta kredit startup. Sedangkan untuk isu perkotaan, netizen RI paling banyak membahas visi-misi Gibran tentang Ibukota Nusantara (IKN), serta rekam jejak pembangunannya di Solo.

Makan Siang Gratis di Sekolah menjadi salah satu program andalan calon presiden (capres) Prabowo Subianto, pasangan Gibran. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas gizi anak sekolah, memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), hingga menggerakkan ekonomi nasional.

Sementara itu, kredit startup merupakan omongan Gibran saat dideklarasikan sebagai cawapres Prabowo.

Pekan lalu, Gibran juga turun gunung langsung mengunjungi IKN. Ia mengaku bahwa itu pertama kalinya dia ke IKN.

Untuk pembangunan di Kota Solo, diketahui bahwa Gibran hingga kini masih menjabat sebagai Wali Kota. Ia juga sempat berkomentar beberapa hari lalu bahwa Kota Solo masih memiliki banyak pekerjaan rumah, seperti pembangunan Taman Balakembang dan revitalisasi Keraton Solo.