Berita  

Penyebab Musim Hujan di Indonesia Tertunda Ternyata

Penyebab Musim Hujan di Indonesia Tertunda Ternyata

Musim hujan akhirnya kembali datang ke wilayah Indonesia setelah sempat tertunda selama dua bulan. BRIN telah memperingatkan mengenai potensi kekeringan sebagai akibat dari penundaan ini.

Pakar klimatologi BRIN, Erma Yulihastin, menyatakan bahwa awal musim hujan tertunda hingga 5 dasarian karena pengaruh El NiƱo. Normalnya, angin dari utara atau barat sudah hadir pada bulan November, namun saat ini baru muncul pada bulan Januari.

Erma juga menjelaskan bahwa Vorteks Borneo telah terbentuk di Laut China Selatan dengan pusat di Natuna dan vorteks di Samudera Hindia. Cuaca beberapa hari ke depan akan dipengaruhi oleh dinamika tersebut, dimana hujan akan terkonsentrasi di Sumatra dan Jawa. BRIN juga mengingatkan agar masyarakat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem hingga 10 Januari 2024 mendatang.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar waspada terhadap cuaca ekstrem, terutama di daerah curam, bergunung, atau tebing. Waspada terhadap risiko banjir, longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang.