Berita  

Bos TikTok Ingin Bertemu Jokowi, Teten Diharapkan Menerima

CEO Tiktok Shou Chew dilaporkan telah mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menjelaskan Chew meminta untuk bertemu dengan Jokowi.

“Tiktok CEO mengirim surat kepada Presiden untuk mengajukan pertemuan. Surat tersebut diteruskan ke saya,” kata Teten di kantor Kementerian Koperasi dan UKM, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Dia menjelaskan bahwa Jokowi meminta dia untuk menerima Chew saat mengunjungi Indonesia. Hanya dia yang diminta untuk bertemu dengan bos TikTok, dan tidak ada menteri lain yang terlibat.

Menurut Teten, perintah dari Jokowi ini terkait dengan dampak yang terjadi pada UKM akibat perkembangan e-commerce yang sedang terjadi saat ini.

Saat ditanya mengenai waktu pertemuan, Teten mengatakan bahwa belum ada rencana konkret. Namun, pihaknya akan menghubungi pihak TikTok untuk membahas hal ini.

“Tidak tahu, nanti kita akan berkomunikasi,” ujar dia.

Terkait dengan detail pembicaraan, Teten juga tidak banyak mengungkapkan informasi. “Detail akan diketahui nanti saat pertemuan. Saya hanya menjalankan tugas sesuai dengan yang disampaikan oleh presiden,” ungkapnya.

Dia menyatakan bahwa kemungkinan besar TikTok Shop akan dibuka kembali. Hal ini dikarenakan pendapatan dari layanan tersebut di Indonesia mencapai lebih dari Rp 8 triliun per bulan.

Pemerintah sendiri terbuka untuk mengizinkan investor asing masuk ke dalam negeri. Namun, Teten mengingatkan bahwa sesuai dengan Permendag 31 Tahun 2023, TikTok harus mematuhi regulasi yang ada di Indonesia.

“Tidak ada penggabungan antara TikTok media sosial dan shop. Mereka harus memiliki kantor di sini dan tidak bisa hanya kantor perwakilan, harus memiliki badan hukum Indonesia. Kami menginginkan mereka mengembangkan bisnis model yang berkelanjutan, seperti yang disarankan oleh presiden,” kata Teten.

TikTok Shop secara resmi ditutup di Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2023. Hal ini terjadi karena layanan e-commerce tersebut tidak dapat berintegrasi dengan media sosial, praktik yang telah dilakukan oleh TikTok dengan layanan Shop dalam beberapa waktu terakhir.

Berita Selanjutnya:
Main TikTok 10 Jam Dapat Uang Rp 14 Juta, Begini Caranya

(npb/npb)