Dari Prancis ke Rusia, Catatan Perjalanan Prabowo Subianto Bersama Para Pemimpin Dunia

Dari Prancis ke Rusia, Catatan Perjalanan Prabowo Subianto Bersama Para Pemimpin Dunia

Menteri Pertahanan RI yang juga presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, menjalani kunjungan kerja ke beberapa negara di Eropa mulai 24-31 Juli 2024.

Selama perjalanannya, Prabowo bertemu dengan para pemimpin empat negara, yaitu Emmanuel Macron dari Prancis, Aleksandar Vucic dari Serbia, Recep Tayyip Erdoğan dari Turki, dan Vladimir Putin dari Rusia.

Kehadiran Prabowo di negara-negara tersebut selalu disambut dengan hangat, bahkan pemimpin negara yang dikunjunginya juga mengantarnya kembali ke kendaraannya.

Kunjungan pertamanya ke Istana Elysee di Paris, Rabu (24/7), disambut oleh Emmanuel Macron yang langsung menghampirinya untuk memberikan salam dan pelukan.

Prabowo dan Macron membahas isu keamanan global serta rencana kerja sama di bidang pertahanan seperti modernisasi alat utama sistem persenjataan, industri pertahanan, pendidikan, latihan, dan forum dialog.

Tidak hanya bertemu Macron, Prabowo juga menghadiri pembukaan Olimpiade Paris 2024 atas tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu (27/7). Di sana, Prabowo bertemu dengan Gianni Infantino dari FIFA dan membahas pembangunan sepakbola di Indonesia.

Pada hari yang sama, Prabowo juga bertemu Thomas Bach dari International Olympics Committee untuk membahas potensi Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Setelah Prancis, Prabowo menuju Serbia pada Senin (29/7) dan bertemu dengan Aleksandar Vucic untuk memperkuat dialog politik dan kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Vucic menyambut Prabowo dengan antusias dan mengunggah foto pertemuan mereka di akun Instagram pribadinya @buducnostsrbijeav, menunjukkan keramahan antara keduanya.

Di Turki, Prabowo bertemu dengan Recep Tayyip Erdoğan yang mengucapkan selamat atas terpilihnya Prabowo sebagai presiden. Mereka membicarakan komitmen di bidang pertahanan dan peningkatan kerja sama antara kedua negara.

Selain Erdoğan, Prabowo juga bertemu dengan Menteri Pertahanan Turki Yaşar Güler dan Menteri Luar Negeri Turki Hakan Fidan untuk membahas situasi geopolitik.

Kunjungan ke Turki dilanjutkan dengan mengunjungi Pusat Teknologi Nasional Ozdemir Bayraktar di Istanbul, pusat inovasi dan pengembangan teknologi pertahanan terkemuka di Turki.

Rusia menjadi tujuan terakhir Prabowo di Eropa, di mana ia bertemu dengan Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow pada Rabu (31/7). Mereka membahas kerja sama di berbagai bidang termasuk pendidikan, pariwisata, ketahanan pangan, dan pertahanan.

Prabowo juga membahas kerja sama energi nuklir dengan Rusia serta dukungan terhadap rencana pembukaan Konsulat Jenderal Rusia di Bali. Dia juga mengundang Rusia untuk menghadiri pameran pertahanan di Indonesia pada November 2024.

Source link