Ahli dan Masyarakat Menilai Kepemimpinan Prabowo Subianto Akan Membuat Indonesia Lebih Berpengaruh di Tingkat Internasional

Ahli dan Masyarakat Menilai Kepemimpinan Prabowo Subianto Akan Membuat Indonesia Lebih Berpengaruh di Tingkat Internasional

Prabowo Subianto, Presiden RI terpilih 2024-2029, diprediksi akan meningkatkan pengaruh Indonesia di kancah internasional saat memimpin negara ini. Hal ini disorot oleh media Singapura, The Straits Times, dalam artikel berjudul “Prabowo memiliki rencana besar untuk Indonesia di dunia internasional” yang diterbitkan pada Sabtu (21/9).

Menurut The Straits Times, Prabowo telah mengunjungi lebih dari 10 negara, termasuk Singapura, China, Jepang, Rusia, dan Australia dalam tujuh bulan terakhir setelah memenangkan pemilihan presiden. Meskipun saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo dikenal sebagai calon presiden yang akan datang.

Warga negara Indonesia yang diwawancarai oleh The Straits Times menyambut dengan antusias pemerintahan Prabowo karena dianggap memiliki fokus yang jelas dalam mengembangkan peran Indonesia di dunia internasional.

Para ahli dan masyarakat juga menduga bahwa Prabowo akan memprioritaskan kebijakan luar negeri untuk meningkatkan posisi Indonesia di kancah global.

Selain melakukan kunjungan diplomatik, Prabowo juga telah aktif terlibat dalam isu-isu dunia, termasuk menyuarakan dukungan untuk Palestina dan kritik terhadap negara Barat terkait konflik Israel-Palestina.

Julia Lau, seorang senior fellow di ISEAS – Yusof Ishak Institute di Singapura, menilai bahwa Prabowo akan membuat Indonesia lebih aktif dalam urusan luar negeri. Namun demikian, masyarakat tetap meminta Prabowo untuk memenuhi janji politiknya dan membuktikan aksi nyata sebagai pemimpin yang terpilih. (RR)

Sumber: straitstimes.com

Source link