Berita  

Janji Prabowo-Gibran Cawapres untuk Memberikan Kredit Startup yang Mendapat Komentar dari Asosiasi

Janji Prabowo-Gibran Cawapres untuk Memberikan Kredit Startup yang Mendapat Komentar dari Asosiasi

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Gibran Rakabuming mengungkapkan program kredit untuk perusahaan rintisan atau startup saat deklarasi di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada tanggal 25 Oktober yang lalu.

Gibran, yang merupakan anak sulung dari Presiden Joko Widodo, menjelaskan bahwa kredit startup ini ditujukan untuk para milenial. Fokus dari program ini adalah perusahaan rintisan yang berbasis inovasi dan teknologi. Namun, penjelasan lebih detail mengenai program ini belum diberikan.

Ketua Umum Asosiasi Tech Startup, Handito Joewono, menyatakan bahwa saat ini banyak pelaku atau pendiri startup yang berasal dari generasi milenial. Meskipun demikian, sektor ini telah mulai melibatkan generasi yang lebih tua dan lebih muda.

Namun, ia juga mengungkapkan bahwa dalam beberapa tahun terakhir, industri startup di Indonesia mengalami penurunan. Jumlah startup di Indonesia yang sebelumnya mencapai 1000 kini tidak lebih dari 500.

Janji politik yang diberikan oleh Gibran dianggap sebagai angin segar bagi industri startup ini. Handito berharap bahwa upaya untuk mendukung startup melalui pemberian kredit dapat menjadi solusi yang baik. Ia juga menekankan bahwa pengembangan startup tidak hanya membutuhkan ide atau dana investasi, tetapi juga memerlukan bisnis model yang dapat berjalan.

Investor saat ini cenderung melihat arah bisnis model dari startup, apakah akan menghasilkan keuntungan atau tidak. Oleh karena itu, pengembangan kembali industri startup di Indonesia perlu dilakukan secara komprehensif.

Handito juga menambahkan bahwa sebagai perusahaan, startup juga perlu mendapatkan akses pasar yang penting untuk keberlangsungan hidup mereka. Pemerintah perlu memberikan dukungan dan membuka sektor mana yang cocok untuk perkembangan startup.

Dalam artikel tersebut juga disebutkan bahwa Gibran berjanji untuk memberikan kredit startup kepada para milenial. Namun, belum dijelaskan secara rinci mengenai program ini.

Artikel Selanjutnya: Jadi Cawapres Gibran Janji Kredit Startup Milenial, Apa Itu?

Sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20231028040637-4-363825/gibran-janjikan-angin-segar-untuk-industri-startup