Berita  

Cara-Cara dari Google Agar Baterai Android Bertahan Lebih Lama

Cara-Cara dari Google Agar Baterai Android Bertahan Lebih Lama

Jakarta, CNBC Indonesia – Baterai HP menjadi salah satu bagian yang paling penting saat ini. Pengguna smartphone menginginkan masa pakai baterai yang lebih lama dan tidak ingin sering-sering mengisi daya.

Namun sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat baterai dapat digunakan dalam waktu yang lama. Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri oleh pengguna HP tersebut.

Berikut ini adalah tips yang diberikan Google bagi pengguna HP Android untuk memiliki baterai yang tahan lama, seperti dikutip dari Gizchina, Kamis (2/11/2023):

1. Matikan Layar HP Lebih Cepat
Kebanyakan pengguna membiarkan layar HP dalam keadaan menyala terlalu lama, bahkan saat mereka tidak menggunakannya. Sebaiknya, Anda harus mengatur agar ponsel secara otomatis mati saat tidak digunakan. Dengan begitu, konsumsi daya baterai akan semakin sedikit.

2. Kurangi Kecerahan Layar
Anda juga perlu mengurangi kecerahan layar, karena semakin terang layar maka semakin banyak energi yang dikonsumsi atau baterai yang terkuras. Mengurangi kecerahan layar dapat memperpanjang masa pakai baterai. Jadi, pastikan untuk menurunkan kecerahan layar saat berada di tempat yang tidak terang.

3. Atur Kecerahan
Beberapa HP dilengkapi dengan kemampuan untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis sesuai dengan pencahayaan sekitar. Namun, bagi yang menggunakan HP dengan kondisi pencahayaan stabil, Anda bisa mengatur kecerahan layar secara manual. Ini bisa menjadi opsi terbaik bagi pengguna tersebut.

4. Matikan Suara atau Getaran Keyboard
Suara atau getaran keyboard akan mengaktifkan mekanisme umpan balik haptik pada perangkat, yang membutuhkan energi untuk berfungsi. Jadi, mematikan mode suara dan getaran pada keyboard dapat menghemat baterai pada HP.

5. Batasi Aplikasi
Cara lain yang perlu dilakukan adalah mengelola aplikasi yang ada di HP. Cari dan batasi aplikasi yang akan cepat menguras baterai.

6. Aktifkan Fitur Baterai Adaptif
Fitur baterai adaptif berfungsi untuk mengoptimalkan konsumsi energi pada perangkat. Fitur ini akan menganalisis penggunaan HP, seperti aplikasi yang digunakan dan membatasi proses latar belakang. Mengaktifkan fitur ini akan membantu mengurangi konsumsi baterai, membuat HP beroperasi lebih efisien, dan memperpanjang masa pakai baterai.

7. Hapus Akun yang Tidak Digunakan
Pengguna sering memiliki banyak akun di HP, seperti email, media sosial, dan layanan lainnya. Sayangnya, akun-akun tersebut dapat menyinkronkan data secara otomatis dan menguras daya baterai. Oleh karena itu, lebih baik menghapus akun yang tidak digunakan. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Settings, lalu pilih Password and account, pilih akun yang ingin dihapus, dan klik tombol Remove Account.

8. Aktifkan Tema Gelap
HP Android sekarang telah dilengkapi dengan tema gelap atau dark theme. Mengaktifkan tema gelap dapat memperpanjang masa pakai baterai, terutama pada layar AMOLED, karena piksel hitam pada layar ini tidak menyala.

9. Tips Lainnya
Terdapat beberapa tips lain yang bisa Anda terapkan untuk memperpanjang masa pakai HP Android, antara lain menggunakan Wi-Fi daripada data seluler karena lebih hemat baterai, mematikan bluetooth dan GPS saat tidak digunakan, menggunakan mode hemat daya, selalu memperbarui software, menghindari suhu ekstrem yang dapat merusak baterai, menggunakan battery case untuk memperpanjang masa pakai baterai, menggunakan aplikasi pengoptimal baterai, mengurangi jumlah aplikasi yang diinstal, menghapus aplikasi yang tidak digunakan, dan merestart aplikasi secara berkala. Jika menggunakan baterai yang dapat dicopot, sebaiknya ganti baterai jika sudah lama dan rusak.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan pengguna HP Android dapat memiliki baterai yang tahan lama dan tidak perlu sering-sering mengisi ulang daya baterai.