Membaca Arah Kebijakan Luar Negeri dari Para Calon Presiden

Membaca Arah Kebijakan Luar Negeri dari Para Calon Presiden

Tim Riset Analisis Kebijakan Luar Negeri dan Diplomasi, Program Pascasarjana Hubungan Internasional Universitas Indonesia melakukan penilaian terhadap arah kebijakan luar negeri dari tiga calon presiden (capres) yang akan bertarung dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. Pengamatan tersebut dilakukan berdasarkan pidato dan tanya jawab yang mereka sampaikan dalam forum di CSIS Jakarta tanggal 7, 8 dan 13 November 2023.

Anies Baswedan, capres nomor urut 1, memiliki strategi politik luar negeri yang disusun dengan lengkap dari visi hingga operasionalisasi rencana jangka panjang, menengah, dan pendek. Dia membingkai kebijakan luar negerinya dengan konsep “kekuatan cerdas berbasis nilai” atau “value-based smart power”. Anies pun menawarkan strategi untuk memajukan ekonomi berkeadilan, menjaga kelestarian lingkungan, dan meningkatkan brand Indonesia di dunia.

Sementara itu, Prabowo Subianto, dengan strategi Good Neighbor Policy, menekankan pentingnya Indonesia menjadi tetangga yang baik bagi negara-negara di sekitarnya. Prabowo juga menegaskan bahwa kebijakan luar negerinya akan tetap berpegang kepada prinsip bebas-aktif dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang non-block dan non-aligned.

Ganjar Pranowo memaknai kembali prinsip politik bebas aktif dengan merumuskan lima rencana prioritas politik luar negeri Indonesia dalam merespon berbagai permasalahan global yang sedang terjadi. Dia menitikberatkan pada kedaulatan maritim, kemandirian energi, dan industrialisasi.

Penilaian dari tim riset menyatakan bahwa Anies memiliki konsep yang teroperasionalisasi dengan baik, Prabowo menawarkan kebijakan luar negeri yang terarah, dan Ganjar memiliki keterukuran dalam program-program prioritas yang dia tawarkan. Meski demikian, penilaian ini tidak membandingkan pidato dan tanya jawab ketiga capres, dan menyerahkan pilihan kepada publik Indonesia untuk menentukan presiden selanjutnya.

Exit mobile version