Prabowo Subianto Bertemu dengan Para Pimpinan Negara dalam Kunjungan Kerja 5 Negara selama 3 Hari

Prabowo Subianto Bertemu dengan Para Pimpinan Negara dalam Kunjungan Kerja 5 Negara selama 3 Hari

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, yang juga terpilih sebagai presiden untuk periode 2024-2029, melakukan kunjungan ke lima negara di Asia Tenggara dalam waktu tiga hari untuk bertemu dengan para pemimpin negara tersebut.

Kunjungan pertama Prabowo adalah ke Brunei Darussalam untuk bertemu dengan Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Iman pada Kamis (5/9). Prabowo berangkat dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta pukul 10:00 pagi.

Pertemuan dengan Sultan Brunei membahas isu-isu strategis, terutama dalam bidang pertahanan dan kerja sama pendidikan. Prabowo juga mengundang para perwira Brunei Darussalam untuk belajar di Universitas Pertahanan Republik Indonesia (RIDU).

Setelah mengunjungi Brunei, Prabowo melanjutkan perjalanan ke Laos dan tiba di sana pada Jumat (6/9) untuk bertemu dengan Presiden Republik Demokratik Rakyat Laos dan Perdana Menteri Laos.

Di Laos, dibahas berbagai isu strategis antara Indonesia dan Laos yang diharapkan dapat menguntungkan kedua negara.

Selanjutnya, dari Laos Prabowo menuju Kamboja untuk bertemu dengan Presiden Senat dan Perdana Menteri Kamboja. Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyampaikan penghargaan atas komitmen Kamboja dalam memperkuat kerja sama pertahanan dengan Indonesia.

Prabowo juga menyambut harapan untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Kamboja dalam upaya memajukan kedua negara.

Prabowo kemudian melanjutkan kunjungannya ke Thailand, di mana ia menghadiri jamuan makan malam bersama mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra dan putrinya yang baru saja menjabat sebagai Perdana Menteri Thailand.

Dari Thailand, Prabowo menuju Malaysia untuk bertemu dengan Raja Malaysia dan Perdana Menteri Malaysia. Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas penguatan kerja sama pertahanan dan isu strategis lainnya.

Terakhir, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim untuk membahas komitmen kerja sama bilateral kedua negara.

Setelah mengunjungi lima negara di Asia Tenggara, Prabowo kembali ke Indonesia pada Sabtu malam untuk melanjutkan tugasnya. (RR)

Source link

Exit mobile version