Berita  

Kominfo Menyampaikan Risiko Kebocoran Data yang Terdapat pada PDN

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan CNBC Indonesia bekerja sama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Pusat Data Nasional sebagai bagian dari Transformasi Digital Nasional dengan menghadirkan acara Tech A Look on Location.

Muhammad Fahru Rozi, Ketua Tim Jaringan Intra Pemerintah Kemenkominfo, menyatakan bahwa infrastruktur dasar sistem pemerintah berbasis elektronik adalah Jaringan Intra Pemerintah (JIP) yang bersifat tertutup. Hanya lembaga kementerian yang dapat bergabung, bukan entitas sembarang.

Riant Nugroho, Ketua Umum Masyarakat Kebijakan Publik (MAKPI), menekankan pentingnya data yang terintegrasi agar tidak terjadi konflik antar instansi. Visi untuk membuat kebijakan berbasis data harus dieksekusi dengan baik dan memberikan kontribusi yang nyata.

Cahyono Tri Birowo, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian PAN-RB, menyatakan bahwa dengan adanya pusat data nasional, tidak akan ada lagi replikasi data di berbagai instansi. Penyedia layanan hanya perlu melakukan pengecekan ke instansi yang sudah memiliki data yang dibutuhkan.

Dialog Safrina Nasution bersama Ketua Tim Jaringan Intra Pemerintah Kemenkominfo Muhammad Fahru Rozi, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Koordinasi Penerapan SPBE Kementerian PAN-RB Cahyono Tri Birowo, dan Ketua Umum Masyarakat Kebijakan Publik (MAKPI) Riant Nugroho dalam acara Tech a Look on Location One Data One Policy CNBC Indonesia dapat disaksikan pada Jumat (15/12/2023).

Saksikan live streaming program-program CNBC Indonesia TV lainnya di sini.

Exit mobile version