Berita  

Cara Mengosongkan HP agar Tidak Cepat Penuh dan Lemot

Jakarta, CNBC Indonesia – Terdapat beberapa hal yang membuat kapasitas penyimpanan dan memori HP penuh. Salah satunya adalah banyaknya aplikasi yang diinstal di dalam ponsel.

Namun, biasanya sejumlah aplikasi tersebut hanya digunakan beberapa kali saja. Aplikasi-aplikasi tersebut akan berakhir tidak digunakan lagi dan memenuhi penyimpanan HP.

Kapasitas penyimpanan yang penuh tersebut akan membuat masalah, seperti membuat beberapa aplikasi sulit diakses atau banyak gangguan saat menggunakan aplikasi penting.

Anda perlu mengenali aplikasi apa saja yang perlu dihapus jika memori sudah hampir penuh. Berikut adalah daftarnya:

1. Aplikasi yang Tidak Lagi Digunakan
Langkah pertama adalah menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Pilih aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan setelah diinstal. Biasanya, aplikasi tersebut berupa aplikasi untuk olahraga, hiburan, atau game. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya digunakan sekali atau bahkan tidak digunakan sama sekali.

2. Aplikasi Bloatware
Biasanya, aplikasi ini sudah tersedia atau berupa aplikasi bawaan HP Android. Hal ini membuat aplikasi tidak bisa dihapus dari ponsel. Namun, jika memungkinkan, sebaiknya segera hapus aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan.

3. Aplikasi untuk Meningkatkan Performa HP
Kita sering menginstal beberapa aplikasi untuk meningkatkan performa HP. Namun, aplikasi seperti penghemat baterai atau untuk mengoptimalkan game tidak terlalu berguna. Selain itu, biasanya aplikasi-aplikasi ini akan berakhir tidak lagi digunakan. Oleh karena itu, segera hapus aplikasi jika memang tersedia di ponsel Anda sekarang.

4. Aplikasi dengan Fungsi Serupa
Ada banyak aplikasi dengan fungsi yang sama. Kita juga sering menginstal beberapa aplikasi yang serupa ke dalam ponsel. Karena menawarkan fungsi dan fitur serupa, sebaiknya pilih salah satunya untuk menghemat penyimpanan HP. Hapus aplikasi yang tidak terpilih atau jarang digunakan.

(dem/dem)

Exit mobile version