Berita  

Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul, Cobalah Ini!

Kode verifikasi merupakan hal penting yang diterima pengguna untuk masuk ke akun WhatsApp. Kode ini dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar.

Namun terkadang, kode verifikasi tidak muncul. Bahkan setelah beberapa saat, kode 6 digit tidak masuk ke SMS yang membuat pengguna kesulitan untuk login WhatsApp.

Metode verifikasi menggunakan kode OTP ini sebenarnya tidak hanya digunakan oleh WhatsApp. Berbagai aplikasi dan situs web juga memanfaatkan metode otentikasi lewat OTP dalam proses pendaftaran akun baru atau transaksi finansial.

Jika OTP tidak kunjung tiba, jangan panik. Berikut beberapa solusi yang bisa dilakukan, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/12/2023):

Periksa Kode Wilayah dan Nomor Ponsel

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memeriksa kode wilayah dan nomor ponsel yang digunakan. WhatsApp akan secara otomatis mendeteksi nomor wilayah, namun Anda bisa menggantinya kapan pun.

Cek Koneksi Jaringan

Kemungkinan kode verifikasi tidak masuk karena jaringan internet yang buruk. Pastikan Anda memiliki koneksi yang baik saat akan menerima kode verifikasi.

Cek Server WhatsApp

Masalah ini juga bisa berasal dari server WhatsApp yang mengalami masalah dan down. Anda bisa mengecek apakah server WhatsApp atau operator lokal bermasalah dengan masuk ke laman downdetector.com.

Coba Lagi Meminta Kode Verifikasi

Anda juga bisa mengulang permintaan kode verifikasi setelah menunggu proses pengiriman selesai selama 10 menit.

Opsi Verifikasi Lain

Jika verifikasi dengan mengirimkan SMS tidak berhasil, Anda bisa menggunakan cara lain, seperti menerima kode melalui panggilan telepon.

Update WhatsApp

Terakhir, Anda bisa memperbarui aplikasi WhatsApp. Kadang-kadang, masalah kode verifikasi terjadi karena menggunakan aplikasi yang belum diperbarui. Silakan perbarui WhatsApp melalui Play Store atau App Store.

Isi Pulsa

Pastikan sisa pulsa HP Anda mencukupi. Beberapa layanan, termasuk WhatsApp, menagihkan biaya SMS ke pengguna. Bagi pengguna prabayar, SMS tidak akan terkirim jika sisa pulsa tidak mencukupi.

Seiring beralihnya pengguna layanan mobile ke internet, pulsa lebih banyak digunakan untuk membeli kuota internet. Namun, sisa pulsa untuk panggilan telepon dan SMS sering luput dari perhatian.

[Gambas:Video CNBC]

Exit mobile version