Berita  

Batu Terbelah di Arab Saudi, Misteri yang Diyakini Sebagai Karya Alien

Misteri di balik pecahnya batu raksasa di gurun Arab Saudi akhirnya terpecahkan. Ahli teori konspirasi sebelumnya menduga bahwa ‘laser alien’ bisa menjadi penyebabnya, namun ada penjelasan ilmiah yang lebih masuk akal.

Formasi batu raksasa Al Naslaa di oasis Tayma, Arab Saudi, telah lama menimbulkan berbagai spekulasi. Bentuk pecahannya yang aneh membuat banyak orang berpikir bahwa itu adalah ulah alien. Karena terbelah dengan sangat rapi, mirip seperti dipotong menggunakan laser.

Sebuah video konspirasi di YouTube bahkan mengklaim bahwa batu tersebut adalah bukti awal “teknologi tinggi”, sehingga menimbulkan dugaan bahwa peradaban kuno mungkin lebih maju daripada yang diperkirakan saat ini.

Namun, beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ada penjelasan yang cukup masuk akal terkait pecahan batu tersebut. Ahli geologi Cherry Lewis mengatakan bahwa belahan pada batu bisa saja terbentuk karena proses yang disebut pelapukan “freeze-thaw”. Proses ini terjadi ketika air masuk ke celah kecil di batu, lalu saat suhu turun, air membeku dan mengembang sehingga retakan semakin melebar dan memanjang. Proses ini berulang hingga batu terbelah menjadi dua.

Selain itu, erosi angin yang terjadi di lingkungan gurun juga dapat menjelaskan mengapa batu tersebut berdiri sendiri seperti itu. Dengan demikian, penjelasan ilmiah ini lebih masuk akal daripada dugaan laser alien yang sebelumnya menjadi spekulasi.

Sumber:
https://www.cnbcindonesia.com/news/20230324085358-4-322929/misteri-batu-raksasa-terbelah-di-arab-saudi-akhirnya-terpecahkan

Exit mobile version