Berita  

Elon Musk Menanamkan Chip ke Otak Manusia, Sebuah Prestasi Pertama di Dunia!

Proyek Neuralink milik Elon Musk akhirnya berhasil. Miliarder tersebut mengumumkan bahwa startup-nya berhasil menanam chip ke otak manusia untuk pertama kalinya.

Musk mengklaim pasien manusia pertama Neuralink menjalankan prosedur implan otak pada Minggu (27/1) kemarin. Operasi berjalan lancar dan pasien sedang dalam proses penyembuhan.

“Hasil awal menunjukkan deteksi lonjakan neuron yang menjanjikan,” ujar Musk melalui akun X personalnya, dikutip dari Reuters, Selasa (30/1/2024).

Menurut definisi Institusi Kesehatan Nasional, lonjakan neuron merupakan aktivitas sel yang menggunakan sinyal kimia dan elektris untuk mengirim informasi ke otak dan tubuh.

Pada tahun lalu, Lembaga Pangan dan Obat-Obatan AS (FDA) telah memberi lampu hijau bagi Neuralink untuk melakukan uji coba implan chip ke otak manusia. Izin tersebut merupakan pencapaian besar bagi Neuralink untuk mewujudkan ambisinya.

Sejak beberapa tahun lalu, Musk memiliki ambisi besar agar manusia bisa terhindar dari kelumpuhan dan kondisi neurologis lainnya melalui Neuralink.

Implan chip pada manusia dilakukan oleh robot. Adapun chip tersebut dinamai brain-computer interface (BCI). Peletakannya di area otak yang mengontrol pergerakan tubuh.

Menurut Neuralink, tujuan tambahan dari penanaman chip tersebut adalah memungkinkan manusia mengontrol kursor atau keyboard hanya dengan menggunakan pikiran mereka.

Proyek penanaman chip yang diinisiasi Neuralink ini dinamai ‘Telepathy’. Meski sejauh ini operasi diklaim berhasil, tetapi harus dipantau lebih lanjut keamanannya bagi manusia.

Exit mobile version